Bakrie Sumatera Plantations Tbk

Bakrie Sumatera Plantations Tbk

Tentu Anda sudah tidak asing dengan tokoh nasional Abu Rizal Bakrie bukan? Beliau memang seorang pengusaha dan anak Ahmad Bakrie yang merupakan pendiri Bakrie Group. Salah satu perusahaan yang bergerak di bawah naungan Bakrie Group adalah Bakrie Sumatera Plantations Tbk.

Lantas perusahaan ini bergerak dalam bidang apa sih sebenarnya?

Jadi Bakrie Sumatera Plantations Tbk merupakan sebuah perusahaan yang bergerak di bidang perkebunan dan masih beroperasi sampai saat ini. Perusahaan perseroan terbuka ini di bursa saham mencatatkan kode emiten dengan nama UNSP. Selengkapnya tentang perusahaan ini bisa Anda simak dalam uraian berikut!

Bakrie Sumatera Plantations Tbk kelapa sawit sampoerna agro

Sejarah Bakrie Sumatera Plantations Tbk

Bakrie Sumatera Plantations Tbk pada awalnya merupakan suatu perusahaan perkebunan karet yang hadir dengan nama awal Naamlooze Vennootschap Hollandsch Amerikaansche Plantage Maatschappij yang lokasi awalnya berada di Kisaran.
Tidak cukup sampai di sana, perusahaan selama beberapa kali melakukan pergantian nama yaitu pada tahun 1957, 1986, 1992 dan terakhir berganti nama menjadi Bakrie Sumatera Plantations sampai sekarang.

Perusahaan ini mendapatkan pendapatan dari berbagai sumber. Beberapa sumber pendapatan Bakrie Sumatera Plantations Tbk di antaranya :

Penjualan minyak kelapa sawit dan turunannya
Penjualan karet
Penjualan oleochemical atau oleokimia yaitu berkaitan dengan produk pengolahan fatty acid dan fatty alcohol

Kemudian pada tahun 2007 sampai dengan 2009 disebut – sebut menjadi puncak kejayaan bisnis perusahaan – perusahaan Grup Bakrie utamanya bisnis di bidang pertambangan batu bara. Kemudian ketika booming komoditas batu bara, saham – saham perusahaan yang terafiliasi grup Bakrie di pasar modal mengalami angka kenaikan yang cenderung tajam.

Mantan Ketua Umum Partai Golkar sekaligus anak pendiri grup Bakrie yaitu Ahmad Bakrie tersebut bahkan pada tahun yang bersangkutan dinobatkan sebagai salah satu orang terkaya di Indonesia versi Forbes.
Selain mengelola Bakrie Sumatera Plantations Tbk, perusahaan di bawah naungan Bakrie Group lainnya terdiri atas :

PT Bakrie & Brothers Tbk (BNBR)

Perusahaan ini sempat menjadi sebuah perusahaan induk dari perusahaan grup Bakrie dan sejak beberapa tahun lalu, sahamnya hampir tak pernah beranjak dari harga Rp 50,00 per lembar saham.

Bakrie Sumatera Plantations Tbk Daftar Saham Grup Bakrie

Perusahaan ini memang tak bisa dibilang sebagai perusahaan pelopor dari Bakrie Group. Namun perusahaan ini juga sudah cukup lama berdiri. Awal berdirinya pada tahun 1942 dengan nama Bakrie & Brothers General Merchant and Commission Agent. Kemudian pada tahun 1959, perusahaan ini mulai mengembangkan industri pipa baja.

PT Bakrieland Development Tbk

Perusahaan dari Kelompok Usaha Bakrie ini bergerak dalam bidang property dan terintegrasi serta terfokus pada pengembangan properti sekaligus operasional lainnya. Saham di BEI dari perusahaan ini berada di harga seperti sebelumnya yaitu selalu di rentang Rp 50,00 per lembar saham.

Dulunya perusahaan ini bernama PT Elang Realty Tbk dan kantor pusatnya berada di Gedung Wisma Bakrie. Bakrieland dan anak usahanya memiliki properti yang berada di Bogor, Malang, Sukabumi, Jakarta, Bekasi, Lampung, Batam, Balikpapan, Tangerang dan juga Bali.

Taman rekreasi Jungle Land Adventure Theme Park melalui kepemilikan saham di PT Graha Andrasentra Propertindo Tbk juga dimiliki oleh perusahaan ini.

Selain itu masih banyak lagi perusahaan di bawah naungan Bakrie Group lainnya selain yang telah disebutkan dan pastinya Bakrie Sumatera Plantations Tbk. Untuk Bakrie Sumatera Plantations Tbk sendiri kini memiliki saham dengan harga per lembar sebesar Rp 121,00 saja.

Fitrotul

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *